BKSY: Berbelarasa Membantu Saudara yang KLMTD


Bergotongroyong Membantu KLMTD

BAPAK Alex Otto Pranata adalah warga Lingkungan Katarina Labore, Paroki Pulomas, Gereja St.
Bonaventura. Dia meninggal pada hari Paskah tgl. 5 April 2015. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai seorang  guru bahasa Inggris di LIA (Lembaga Indonesia Amerika). 


Pada era 90-an, ia juga sempat muncul di panggung hiburan dan belantika musik Indonesia
dengan merelease lagu-lagu rohani dan lagu-lagu mancanegara versi keroncong. Oleh karena itu, kemudian dia dikenal sebagai “Alex Lia”. Dia meninggal karena menderita penyempitan pembuluh darah jantung serta radang paru-paru. Dia menggadaikan rumahnya untuk biaya perawatan di rumah sakit dan melanjutkan kehidupannya, hingga dipanggil Tuhan.
Ibu Debora Sutedjo, sepupu dan ahli waris dari Alex sungguh berterima kasih atas bantuan BKSY. Dengan dana bantuan sebesar Rp 10.000.000, keluarganya bisa menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pemakaman Bapak Alex secara layak dan bermartabat.

Peserta BKSY bergotong-royong dengan iuran kepesertaan BKSY Rp 80.000,-/ orang/tahun membantu keluarga Pak Alex. Belarasa dan kemurahan hati para peserta BKSY sungguh meringankan beban keluarga Bapak Alex. Masih banyak Alex-Alex lain yang membutuhkan uluran tangan kasih kita.

Selama hampir 3 (tiga) tahun ini, peserta yang meninggal dunia sudah berjumlah 305 orang dan jumlah hari rawat inap sudah mencapai 4.000 hari. Peserta BKSY baru berjumlah 17.000 orang, dan peserta yang sudah memperpanjang, berjumlah 7000 orang, sehingga dana bantuan dari iuran: 24.000 x Rp 80.000,- Jadi, jumlah dana bantuan sangat kurang. Oleh karena itu marilah wujudkan syukur, iman, dan kasih yang nyata kepada sesama dengan berpartisipasi dalam gerakan belarasa KAJ ini.

  
Apakah BKSY Bukan Asuransi?

Bagi yang sudah paham, apa lagi pernah dibantu seperti keluarga Bp. Alex, tentu tidak ragu lagi. Namun masih banyak umat yang mempertanyakan apakah BKSY ini bukan asuransi? Bahkan hal ini menjadi ganjalan, sehingga mereka belum berpartisipasi. Kalau bukan asuransi, mengapa iurannya dikelola oleh Asuransi Central Asia dan Asuransi Jiwa Central Asia Raya? Sertiļ¬kat BKSY juga berformat polis asuransi, dan syarat pengajuan bantuan rawat inap dan bantuan pemakaman juga sangat mirip dengan syarat pengajuan klaim asuransi?

BKSY adalah sebuah gerakan rohani, non-pro fit. Dari aspek spiritualitas, motivasi dan tujuan seseorang men jadi peserta BKSY sangat berbeda dengan asuransi. Tujuan orang ikut asuransi adalah MEMBELI manfaat/ perlindungan bagi diri/keluarga sendiri. Sedangkan tujuan orang ikut BKSY adalah MEMBERI bantuan kepada orang lain, khususnya yang KLMTD (kurang, lemah, miskin, terpinggirkan, difabel).

Alasan  dasar membeli asuransi adalah kebutuhan-KU. Sedangkan dasar ikut BKSY adalah kebutuhan SESAMA. Spiritualitas yang mendasari seseorang berbelarasa kepada sesamanya adalah spiri tualitas inkarnasi. Allah berbelarasa kepada kita, manusia berdosa dengan mengutus Putra Tunggal-Nya, Yesus Kristus menjadi manusia. Dia keluar meninggalkan kemuliaan-Nya demi menolong menyelamat kan manusia. Dengan sengsara dan wafat, Dia menghancurkan kematian, dan dengan bangkit memulihkan kehidupan kita. Berkat pengurbanan Kristus, kita menjadi manusia baru, manusia Paskah, anak Allah. Namun, kita diselamatkan bukan untuk menjadi selamat sendiri (egois), tetapi diutus untuk ber bagi kerahiman Allah itu kepada sesama melalui perbuatan-perbuatan baik kita. Kita sebagai anak Allah diharapkan memiliki kemurahan hati juga, seperti Ba pa mu adalah murah hati (Bdk. Lk 6:36). Kita wujudkan syukur atas karya keselamatan itu dengan tindakan nyata berbagi. Bukan hanya dengan doa dan kata-kata saja.

Selamat merayakan Tahun Luar Biasa Kerahiman Allah ini dengan meresapkan dan mensyukuri segala kerahiman-Nya, serta siap menjadi saluran kerahiman Allah kepada sesama kita melalui perbuatan amal kasih yang nyata, khususnya kepada yang KLMTD. Salah satu caranya adalah melalui gerakan belarasa BKSY.

Sumber:
Advertorial
Majalah HIDUP Katolik, Edisi 31_T-034 ADV BKSY



Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »