BKSY: Jimpitan bagi Mereka yang Berkekurangan

Jimpitan: dari semua warga untuk yang kurang

Tradisi jimpitan biasanya dijalankan di tingkat RT atau RW. Setiap sore, semua warga, baik yang kaya maupun yang miskin, menyiapkan jimpitan beras di pintu/pagar. Pada malam hari ada petugas yang mengumpulkan. Hasil jimpitan seluruh warga digunakan untuk membantu warga yang berkekurangan. Selebihnya dijual dan uangnya juga diberikan kepada warga yang kurang agar bisa membeli kebutuhan lainnya. Tidak pernah hasil jimpitan digunakan untuk membantu warga yang mampu.

BKSY: dari semua umat untuk yang kurang

Semangat kasih dan ikhlas bergotong royong membantu sesama yang kurang ini, dilestarikan dalam gerakan belarasa Berkhat Santo Yusup (BKSY). Orang yang imannya kuat,  di mana pun membangun persaudaraan sejati, dan itu diwujudkan dalam belarasa, kasih yang nyata membantu sesama. Dalam BKSY, semua umat  ikhlas memberikan jimpitan Rp 6.700/bln atau Rp 80.000,-/tahun. Hasil jimpitan inilah yang secara gotong royong digunakan untuk membantu anggota yang kurang, saat dirawat inap dan meninggal.  Bukan untuk membantu yang mampu.  Melalui BKSY, yang mampu justru merelakan iuran Rp 80.000,- untuk membantu yang kurang mampu. Terjadilah subsidi silang. Iman diwujudkan dalam tindakan.

Apa Manfaat ikut BKSY?

Banyak umat bertanya.  Apa manfaatnya ikut BKSY?  Ini adalah petunjuk  bahwa BKSY belum dipahami dengan benar. Tujuan ikut BKSY justru untuk memberi manfaat kepada sesama . Mengapa? Karena kita sudah terlebih dahulu menerima begitu banyak berkat dari  Allah. Sekarang  mau bersyukur dengan cara berbagi sedikit berkat itu kepada sesama. Itulah salah satu wujud spiritualitas kasih, karena kasih adalah rela berkorban untuk yang dikasihi. Yesus mengasihi kita sehabis-habisnya, maka Dia mengurbankan Diri sehabis-habisnya untuk keselamatan kita. Kita diutus untuk hidup saling mengaishi, berarti diutus untuk rela berkurban satu sama lain. Mari  relakan, dan “kurbankan” sedikit rejeki sebagai wujud kasih kepada sesama yang menderita. Jadi, manfaat ikut BKSY adalah bisa membantu orang lain. Bukan untuk diri sendiri. Saya mewujudkan kasih kepada Tuhan dengan  berbagi  Rp 80.000,-/tahun bagi sesama yang membutuhkan bantuan. Dengan begitu saya berlatih mengembangkan hati yang berbelaskasih.


Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »