Romo J. Sudrijanta, SJ: Gerakan Comppasion

BKSYKAJ.com “BKSY adalah sebuah gerakan compassion, gerakan welas asih. Ini adalah kasih yang menggerakkan seseorang untuk meringankan atau membebaskan orang lain atau ciptaan lain dari penderitaan. Itulah compassion ,” kata Romo J. Sudrijanta, SJ dalam homilinya pada Misa Temu Rasul BKSY dekenat selatan di Gereja Santa Peawan Maria Ratu, Blok Q, Sabtu 29 Oktober 2016.


Rm J. Sudrijanta, SJ
Romo Sudri menegaskan, sebagai gerakan compassion, terlibat sebagai peserta BKSY, apalagi sebagai para penggerak, merupakan sebuah wujud kepekaan terhadap sesama yang lemah dan berkekurangan. Kasih tidak hanya berbicara, tetapi terlibat di dalam gerakan-gerakan nyata.

“Kembangkan pertama-tama kesadaran akan kedalaman Keberadaan atau Kehadiran (the depths of Beingness or of Presence) kita sebagai manusia atau ciptaan yang pada hakikatnya tidak berbeda satu dengan yang lain,” tegas Romo Sudri. Dengan menyadari hakikat kita yang berbeda, kita akan terpanggil untuk terlibat dalam gerakan kasih ini.

Perbedaan itu, bagi Romo Sudri, merupakan sebuah anugerah sekaligus panggilan. Mereka yang memiliki lebih, seharusnya terpanggil untuk memiliki sense of crisis terhadap mereka yang berkekurangan.

Selanjutnya, Romo Sudri mengajak kita untuk meneladan Zakeus yang mudah tergerak untuk bertindak oleh sentuhan kasih Tuhan Yesus.
ü  Yesus melihat ke atas dan berkata, “Zakheus, segeralah turun! Hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.”
ü  Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan, “Tuhan, separo dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin, dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” 
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »