"Untuk Apa Aku Ikut BKSY? Aku Sudah Punya Banyak Polis Asuransi!"

Gereja Santo Bonaventura-Paroki Pulomas

Sabtu 14/01, Tim BKSY berkunjung ke Paroki Santo Bonaventura Pulomas untuk penyegaran. Selama ini Tim BKSY paroki telah bekerja keras untuk meningkatkan kepesertaan, meskipun hasilnya belum terlalu menggembirakan. Banyak umat belum memahami apa itu BKSY, sehingga belum ikut berbelarasa.

Dalam forum sharing, beberapa anggota tim menceritakan berbagai macam pertanyaan umat yang mereka hadapi. Yang menarik, ada pertanyaan, “Untuk apa aku ikut BKSY? Manfaatnya apa? Aku sudah punya banyak polis asuransi!”

Betul, bagi mereka yang telah memiliki banyak asuransi, tentu saja manfaat bagi diri sendiri menjadi sangat penting. Lalu, bagaimana menjawab pertanyaan demikian?

BKSY Memang Bukan Asuransi

BKSY memang bukan asuransi, tetapi gerakan belarasa. Dasarnya bukan kebutuhanku, tetapi kebutuhan orang lain yang berkekurangan. Semangat BKSY  bukan “apa manfaat yang saya dapatkan, tetapi siapa saja yang dapat saya bantu dengan kepesertaan dan pending coffee saya.” Menjadi peserta BKSY, bukan pertama-tama untuk mendapatkan manfaat tetapi untuk berbelarasa dengan bergotong royong membantu orang lain yang berkekurangan, saat dirawat inap dan meninggal dunia. Menjadi peserta BKSY bukan pertama-tama untuk mendapatkan bantuan, tetapi memberi bantuan dengan ikhlas, tanpa pamrih. 

Pertanyaan-pertanyaan semacam tentu saja akan terus muncul karena BKSY mendorongkan spirit belarasa, bukan semangat untuk mendapatkan manfaat. Jika kita dapat memahami BKSY sebagai salah satu cara berbelarasa dan bermurah hati, tentu saja akan jauh lebih mudah ikhlas merelakan Rp 6.700/bln atau Rp 80.000/thn melalui BKSY untuk membantu orang lain, sesama kita yang memang perlu dibantu.

Perlu Perubahan Semangat

Menjadi peserta BKSY memang memerlukan perubahan semangat dan perubahan cara berpikir: dari membeli ke memberi, dari mencari manfaat ke berbelarasa, dari mendapatkan keuntungan ke memberikan bantuan kepada orang lain. Oleh karena itu, Tim BKSY harus benar-benar memahami makna dari kepesertaan dalam BKSY agar dapat memberikan pendampingan dan penjelasan kepada umat dengan baik.

Selamat untuk Tim BKSY Paroki Bonaventura yang telah melakukan berbagai cara untuk melayani pertanyaan dan tantangan untuk meningkatkan kepesertaan BKSY.




Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »