Renungan Harian, Jumat, 24 Februari 2017

Jumat, 24 Februari 2017
[Sir. 6:5-17; Mzm. 119:12,16,18,27,34,35; Mrk. 10:1-12]

KESETIAAN SEBAGAI TANDA KEHADIRAN ALLAH

Suatu pagi, sehabis misa, saya bertemu seorang pemuda, yang kemudian berkisah tentang perjalanan cintanya. Pemuda ini mengkisahkan bahwa mencintai orang yang juga mencintai kita, tentu sangat membahagiakan. Bahkan terkadang, perasaan bahagia itu tak mudah diungkapkan dengan kata-kata. Namun, ketika perasaan cinta telah luntur dan bahkan hilang, kadang yang tersisa adalah kekecewaan dan sebuah penyesalan.
Maka, orang yang bisa meneruskan perjalanan cinta sampai jenjang pernikahan, tentu tidak cukup kalau hanya mengandalkan rasa cinta, karena rasa cinta bisa luntur, hilang dan berubah-ubah karena keadaan dan waktu. Maka, yang terpenting dari sebuah pernikahan adalah kesetiaan. Tetap mencintai pasangan dalam keadaan bahagia atau ketika semua berjalan mudah dan baik-baik saja, itu biasa. Tapi, tetap mencintai pasangan ketika ada kemalangan, dukacita atau ketika keadaan sungguh tak berpihak, nah itu yang tidak mudah. Maka, itulah arti sebuah kesetiaan, tetap bertahan ketika ‘badai hidup’ menerjang. Kesetiaan juga menjadi tanda kehadiran Allah dalam diri dua orang yang mengikat janji dalam pernikahan.

Yesus dalam Injil hari ini menyatakan bahwa setiap pernikahan dipersatukan oleh Allah sendiri. Kalau selalu yakin dan percaya bahwa Allah yang menyatukan, maka dalam setiap ‘badai hidup’ yang menerjang, setiap pasangan suami istri juga mesti percaya dan yakin bahwa Allah akan memberikan kekuatan. Yesus menyatakan: “Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu, karena itu apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Melalui peneguhan yang Yesus katakan, marilah kita juga berdoa untuk keluarga-keluarga kristiani, supaya selalu memperjuangkan kesetiaan dan komitmen untuk terus saling mencintai, karena Allah sendiri juga hadir di dalam keluarga-keluarga.

Selamat pagi, semoga semakin merasakan kehadiran Allah dalam keluarga. GBU.

#james5buceng2
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »