Renungan Harian, Rabu, 22 Februari 2017

Rabu, 22 Februari 2017
[1Ptr. 5:1-4; Mzm. 23:1-3a,3b-4,5,6; Mat. 16:13-19]
Pesta Takhta St. Petrus

MENGIKUTI KRISTUS MELALUI GEREJA-NYA

Beberapa hari lalu, saya dan beberapa teman, mengikuti perayaan Ekaristi Hari Minggu di Katedral Bogor. Ya, setelah setengah tahun tinggal di Depok, ya baru kemarin itu bisa mengunjungi Katedral Bogor, yang menjadi gereja induk dan pusat umat Katolik di Keuskupan Bogor. Katedral Bogor menjadi Gereja Katedral ke sekian, setelah Katedral Jakarta, Katedral Semarang, Katedral Malang, Katedral Bandung dan Katedral Purwokerto, yang bisa saya kunjungi. Btw, berbicara tentang katedral, kata ini berasal
dari bahasa latin ‘cathedra’, yang berarti kursi atau takhta dimana pemimpin gereja duduk sebagai gembala untuk melayani. Yang dikenal secara umum, katedral adalah gereja induk, karena di sana terdapat takhta uskup. Takhta uskup ini berkaitan dengan kepemimpinan secara spiritual, yang mesti dilaksanakan dalam kata dan perbuatan. Kalau hari ini kita memperingati Pesta Takhta Santo Petrus, karena tentang ‘cathedra’ ini, dikenal pula pimpinan Gereja Universal yang menduduki Takhta Suci, dan Petrus sendiri adalah Paus pertama dalam sejarah Gereja Katolik.

Dalam Injil, dikisahkan bahwa Yesus mengatakan, “Engkaulah Petrus, dan di atas batu karang ini akan Kudirikan GerejaKu dan alam mau takkan menguasainya.” Dan semua perkataan Yesus ini bermula dari pengakuan iman Petrus, dan iman kepada Kristus menjadi dasar yang kokoh untuk bersatu dengan Kristus. Kita percaya bahwa Gereja didirikan oleh Kristus. Orang yang menjadi pengikut Kristus adalah orang-orang berdosa namun karena Gereja didirikan oleh Kristus yang kudus, maka Ia akan menguduskan GerejaNya. Ada banyak hal yang mengguncang Gereja, dan itu wajar karena manusia itu lemah, tapi Tuhan akan senantiasa menyertai perjalanan GerejaNya. Maka, sebagai umat Allah dan orang yang mengikuti Kristus, senantiasa percaya bahwa Kristus sendirilah yang selalu berkarya atas Gereja.

Selamat pagi, selamat mengikuti Kristus melalui GerejaNya. GBU.

#james5buceng2
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »