Renungan Harian, Selasa, 14 Februari 2017

Selasa, 14 Februari 2017
[Kej. 6:5-8,7:1-5,10; Mzm. 29:1a,2,3ac-4,3b,9b-10; Mrk. 8:14-21]

MEMPERSIAPKAN PERBEKALAN ROHANI DEMI KESELAMATAN JIWA

Dalam perjalanan ke Jogja selama tiga hari, tempo hari, seperti biasanya, sebelum berangkat, saya mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat: pakaian, buku, dompet, kunci, tiket, bekal, obat, payung, alat mandi dan lain-lain. Kepentingan untuk datang ke Jogja adalah untuk mengikuti rekoleksi bulanan, yang
bagi saya, ini adalah kesempatan pertama, karena di bulan-bulan sebelumnya tidak sempat mengikuti, karena faktor jarak tempuh yang lumayan jauh. Selain itu, ada keperluan juga untuk mengadakan bimbingan rohani, dengan Romo yang kebetulan juga menjadi pendamping rekoleksi. Pas lah waktunya, bisa dibilang begitu. Perlu diketahui bahwa saya, termasuk orang yang mudah panik, ketika ada salah satu barang atau keperluan yang ‘tertinggal’ atau ‘kelupaan’. Dan benar saja, hardcopy laporan yang harusnya menjadi bahan pertemuan pada bimbingan rohani, justru tertinggal di Depok. Akibatnya, saya harus ‘nunut’ mencetak laporan itu di kamar salah satu teman saya.

Dikisahkan dalam Injil hari ini, Yesus mengingatkan para murid, dalam sebuah perjalanan, agar waspada terhadap pengaruh ‘ragi’ orang Farisi dan ahli Taurat. Yesus menyadarkan mereka supaya tetap waspada, namun tampaknya, para murid itu lamban menangkap maksud perkataan Yesus. Para murid sibuk dengan ‘perbekalan’ jasmani, yaitu roti yang tidak mereka bahwa. Padahal, pada kisah sebelumnya, mereka juga menyaksikan Yesus menggadakan roti, dan mereka ini belum juga paham maksudnya. Dalam hidup sehari-hari, kita kadang menjadi seperti para murid yang sibuk dengan urusan duniawi, namun lupa pada hal yang penting dan hakiki yaitu keselamatan jiwa. Kadang kita juga kurang terbuka dan lamban hati, untuk mengerti dengan jelas sapaan-sapaan Yesus. Orang yang terbuka pada ajaran Yesus adalah orang yang selalu waspada pada godaan ‘ragi’ orang Farisi, yaitu kedegilan dan ketidakpercayaan.

Selamat pagi, selamat menyiapkan perbekalan rohani dan selamat hari Valentine. GBU.


#james5buceng2

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »