Renungan Harian, Sabtu, 11 Januari 2017

Sabtu, 11 Februari 2017
[Kej. 3:9-24; Mzm. 90:2,3-4, 5-6,12-13; Mrk. 8:1-10]

TERLIBAT DALAM PELAYANAN KASIH

Beberapa saat yang lalu, istilah ‘digeser’ atau ‘digusur’ menjadi sebuah perbincangan yang menarik, mulai dari lelucon sampai hal yang serius. Maklum, kapasitas orang yang mengatakan hal ini juga berada dalam kisaran intelektual, pengalaman dan kepentingan yang berbeda-beda. Saya sendiri tidak tahu persis,
solusi utama dari topik ‘geser-menggeser’ atau ‘gusur-menggusur’, tapi tampaknya, orang yang berwenang dalam urusan ini, sudah mengusahakan yang tepat, yaitu membantu orang-orang yang tidak punya rumah, dicarikan tempat tinggal layak dan di tempat baru juga turut ambil bagian dalam pemberdayaan masyarakat. Memang, memberi itu baik tapi lebih baik lagi kalau pemberian kita juga mampu memberdayakan dan mengembangkan talenta orang lain.

Injil hari ini berkisah tentang Yesus yang memberi makan bagi 4000 orang. Kalau boleh memilih, bisa saja Yesus, dengan kuasaNya, bim salabim ada kadabra ‘menurunkan’ roti dan ikan dari langit untuk memberi makan orang-orang tersebut. Namun, Yesus justru bertanya: “Berapa roti yang ada padamu?” Pertanyaan Yesus ini hendak mengajak orang juga terlibat dalam kesusahan dan penderitaan orang lain. Bukan hanya sekedar membuka tangan untuk menerima pemberian, namun juga mau melebarkan tangan untuk memberi. Yesus menghargai keterlibatan orang entah sedikit, entah banyak, karena dengan demikian, orang tersebut menyadari diri sebagai bagian dari keilahian. Semoga, kita juga semakin berani dan percaya diri untuk ikut ambil bagian dalam pelayanan jenis apapun, kepada siapapun.
Selamat pagi, selamat terlibat dalam pelayanan kasih. GBU.
#james5buceng2
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »