Lisa A. Riyanto: Medsos, Media yang Sangat Efektif untuk Mewartakan Kabar Sukacita Tuhan

Lisa A. Riyanto dalam Semiloka Katekis KAJ


Dunia saat ini sangat dipengaruhi oleh media sosial atau medsos. Berbagai informasi mengalir begitu deras langsung ke dalam genggaman  individu, bukan melalui koran, tv, atau media konvensional lainnya, tetapi melalui ponsel. Bagaimana kita harus menyikapinya?


Lisa A. Riyanto, seorang penyanyi lagu-lagu religi Katolik,  dalam kesempatan Semiloka untuk Para Katekis KAJ, mengatakan bahwa kita tidak dapat begitu saja menghindarkan diri dari medsos tetapi juga tidak boleh terlalu ceroboh dengan medsos.

“Medsos itu bagaikan pisau tajam. Saat dipegang oleh seorang chef, pisau itu akan menghasilkan masakan-masakan yang lezat dan dicari banyak orang. Namun, jika dipegang oleh seorang penjahat, pisau tajam itu akan sangat menakutkan dan sangat mungkin mencelakakan kita,” kata Lisa A. Riyanto meyakinkan.

Namun, Lisa yakin bahwa di tangan para katekis, medsos adalah seperti halnya pisau di tangan para chef. Di tangan para katekis, medsos akan menghasilkan buah-buah yang indah dan berguna, bahkan dicari!

“Saya yakin, di tangan Anda sekalian para katekis, medsos bertemu dengan orang yang paling tepat. Sepert halnya pisau di tangan para chef, di tangan Anda sekalian, medsos akan memiliki dampak yang sangat positif. Bahkan, akan dapat Anda gunakan untuk mewartakan kabar sukacita Tuhan,” sambungnya.




Oleh karena itu, Lisa A. Riyanto justru mengajak para katekis untuk menjadi orang-orang yang ahli di dalam menggunakan medsos: ahli di dalam memilah dan memilih konten serta ahli di dalam menggunakannya. Efektivitas medsos juga akan menjadi media pewartaan kabar sukacita Tuhan yang efektif karena sifatnya yang langsung kepada pribadi-pribadi yang dituju.


“Menutup sharing saya, saya ingin menggarisbawahi sekali lagi, gunakan medsos untuk pewartaan, tetapi juga jadilah ahli dan bijak dalam memilah dan memilih konten. Untuk mengajak semakin banyak umat berbelarasa dalam Gerakan Suka Menolong seperti BKSY ini, medsos pasti juga akan sangat efektif. Selamat dan semoga berkat Tuhan selalu bersama kita sekalian,” kata Lisa A. Riyanto menutup sharringnya.



Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »