BKSY adalah Pengajaran dan Ajakan Uskup Agung Jakarta sebagai Magister, Guru Utama.




bksykaj.com Bertempat di Aula Paroki Bintaro Gereja Santo Matius Penginjil, Sabtu sore, 23 Maret 2019, Pengurus Dewan Paroki Pleno beserta para ketua lingkungan mengadakan rapat rutin. Istimewanya, sebelum rapat Team BKSY Pusat diberi kesempatan untuk memaparkan kembali / sosialisasi lanjutan tentang BKSY. Romo Joseph Kristanto, pr, selaku moderator BKSY menyampaikan pandangan dan latar belakang gerakan BKSY. Sehari-harinya Romo Kris, demikian dipanggil, bertugas di Komisi Seminari KWI.

Dalam kesempatan yang bagus tersebut Romo Joseph Kristanto, pr menyampaikan pentingnya umat untuk mengikuti gerakan iman, gerakan belarasa dengan mendaftar baik sebagai peserta aktif BKSY maupun sebagai donatur pending coffee BKSY. Gerakan belarasa ini diinisiasi oleh Mgr Ignatius Suharyo langsung sebagai bentuk pembumian Arah Dasar Pastoral Keuskupan Agung Jakarta 2011-2015. Arah dan Dasar KAJ adalah cita-cita agar Gereja, umat Keuskupan Agung Jakarta semakin beriman, semakin bersaudara dan semakin berbelarasa. 

Dalam surat gembala Prapaskah 2013 Bapak Uskup menegaskan dan mengajak umat KAJ untuk membaharui kehidupan agar kita menjadi pribadi-pribadi yang makin beriman, makin bersaudara dan makin berbelarasa. Beriman berarti semakin setia mengikuti Yesus Kristus, seperti Simon Petrus. Ketika iman kita menjadi semakin sejati, dengan sendirinya kita akan semakin bersaudara. Kemudian Bapak Uskup menginisiasi sebuah gerakan belarasa yang mewujud dalam BerKHat Santo Yusup atau BKSY dan mengajak seluruh umat KAJ untuk ikut gerakan ini. 

Jadi, lanjut Romo Kris, BKSY adalah sebuah pengajaran dan ajakan Uskup Agung Jakarta, sebagai magister atau guru utama kepada umat. Sudah layak dan sepantasnyalah gerakan ini diikuti oleh seluruh umat di 66 paroki yang berada di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Ini sebuah pengajaran dan ajakan untuk berbelarasa kepada sesama yang menderita, yang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel.

Dalam sesi kedua, Bapak Purwanta, dari team BKSY Pusat, memberikan pemaparan dan perkembangan BKSY hingga saat ini, sekaligus melayani pertanyaan-pertanyan dari umat yang hadir. Bapak Purwanta juga menyampaikan agar informasi yang didapat baik dari Romo Kris maupun team BKSY bisa disampaikan kepada umat di lingkungannya masing-masing. Jika ada yang masih bertanya secara detil secara pribadi maupun kelompok, Team BKSY menyediakan diri dan waktunya pada Minggu, 24 Maret 2019 jam 09.00 WIB di tempat yang sama. (fcp, khs)






Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »