Pengisian Form

 

CARA MENGISI FORM  REGISTRASI


pada website ACA oleh PIC Paroki


Tahap Pertama: transfer iuran/kolekte ke Rek. Palingsah dan input data
1.       Transfer iuran sebesar Rp 80.000,- x jumlah peserta yang didaftarkan.
2.      Masuk aca-komunitas.com
3.      Ketik User Name Lingkungan dan Password Lingkungan/Komunitas, kemudian klik Log In
4.     Sorot menu Lingkungan dan klik Registrasi Aplikasi.
5.      Input/ketik semua data calon peserta pada kolom yang tersedia, lalu klik Simpan. Kemudian klik menu Registrasi Aplikasi lagi untuk mendaftarkan calon peserta berikutnya. Begitu seterusnya.
Catatan: Silahkan input data dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan ejaan nama, no KTP, tgl lahir dan lain-lainnya, karena apabila terjadi, hal ini akan menyulitkan dalam pengurusan klaim.

Tahap kedua: Kirim Data Ke BKSY Pusat, dengan langkah-langkah: 
1.       Klik menu Daftar Aplikasi Baru, sehingga muncul daftar semua aplikasi yang telah disimpan.
2.      Klik kotak kecil View sebelah kanan tiap-tiap peserta, mulai dari peserta no. 1
Setelah data terbuka, silahkan cek apakah ada yang salah ketik, untuk dikoreksi/edit. Kalau sudah benar klik “Kirim ke Pengelola Pusat”. Lakukan seperti itu sampai semua aplikasi dikirim.
3.      Kirim email notifikasi ke berkhatpusat@gmail.com, yang isinya: telah ditransfer iuran BKSY sebesar Rp ……. pada tgl. … (bukti transfer terlampir) untuk sekian peserta, dari Lingkungan ………………………., Paroki /Komunitas …………………………..
4.     Untuk mengecek data yang sudah disubmit ke Pusat, klik menu Daftar Aplikasi Registrasi.

Bagaimana Kalau Ada Data Yang salah ketik?
1.       Apabila data yang sudah disubmit ke Pusat ada yang salah, maka data yang perlu diperbaiki di-email ke Pusat agar PIC Pusat bisa mengembalikan ke Lingkungan.
2.      PIC Lingkungan klik menu Daftar Aplikasi Balik, klik view kanan data yang akan diperbaiki. Setelah data muncul, lakukan koreksi lalu klik Simpan agar koreksian tesimpan, baru klik Kirim Ke Pengelola Pusat.
3.      Apabila kesalahan baru diketahui setelah aktivasi, segera kirim email ke Pusat agar dikoreksi.

Tahap Ketiga: Proses Pencocokan dan Aktivasi Oleh Kantor Pusat
1.       Sekretariat Pusat BKSY mencocokkan antara bukti transfer iuran dengan jumlah aplikasi yang dikirim ke Pusat. Kalau cocok, data akan dimasukkan dalam kantong “siap aktivasi”. Proses aktivasi hanya dapat dilakukan satu kali dalam satu minggu: pada Senin sebelum jam 12.00
2.      Aktivasi adalah proses pencatatan secara resmi data peserta pada system dan sejak saat itulah peserta terdaftar resmi sebagai anggota BKSY untuk periode 12 bulan.

Tahap Keempat: Pengecekan Data Aktivasi dan Pencetakan Sertifikat BKSY
1.       Klik menu Daftar Aplikasi Aktivasi untuk mengecek semua pendaftar yang sudah diaktivasi.
2.      Klik kotak view kanan pada nama yang akan dicetak Sertifikatnya, kemudian klik Cetak Sertifikat; setelah Sertifikat muncul, klik gambar printer untuk mencetaknya.
3.      Untuk Cetak yang pertama kali Laptop/computer harus di setting Pop Up terlebih dahulu
4.     Kepesertaan berlaku selama 12 bulan, terhitung dari tanggal aktivasi, dan bisa diperpanjang dengan memberikan konfirmasi pembayaran iuran kepada Pengurus/PIC BKSY.